Rabu, 11 September 2013

TUTORIAL Membuat Situs Katalog Produk untuk Toko Online

Tutorial ini step by step membuat katalog produk toko online. Tutorial telah diusahakan agar bisa diikuti oleh nubie sekalipun. Dilengkapi dengan gambar. Yang agan perlukan (khusus nubie) adalah kesabaran. Tidak perlu terburu-buru untuk menyelesaikan tutorial. Baca kembali pelan-pelan bila ada yang dirasa kurang jelas. Untuk melihat tampilan besar gambar (100%), klik kanan gambar dan pilih view image.

Ada banyak cara untuk memajang produk untuk keperluan jualan. Bisa dengan yang gratisan dari blogspot, wordpress, joomla, prestashop atau dengan yang lainnya. Semuanya menawarkan kelebihan dan kekurangannya. Kita tidak akan membahas perbandingan kelebihan dan kekurangan antar skrip di sini. Semuanya bergantung kebutuhan.

Tutorial ini akan membahas pembuatan katalog online (online shopping cart) berbasis OpenCart. Skripnya telah include dengan plugin facebook box, yahoo messanger status, news/artikel serta keterangan lainnya yang tinggal dikustomisasi disesuaikan dengan keperluan jualan Agan.

Tutorial dibagi 3 bagian, karena tutorial akan relatif panjang bila disekaliguskan. Tutorial ini untuk diikuti oleh nubi yang sama-sama ingin belajar kayak saya.



Live demo untuk tutorial ini beralamat di http://olshopku.p.ht
Akun domain dan hosting untuk live demo tersebut menggunakan yang gratisan. Bila suatu waktu akun tersebut lenyap didelete oleh penyedia hosting, mohon maklum saja.

Langsung kita mulai.

BAGIAN 1: DOMAIN DAN HOSTING

Yang kita perlukan

1. Daftar Domain dan Hosting
Domain adalah alamat situs jualan kita dan hosting adalah tempat menaruh skripnya. Untuk tujuan belajar dan ujicoba kita gunakan yang gratisan aja dulu.

Domain dan hosting gratis banyak kelemahannya. Namanya juga gratisan. Beberapa diantaranya adalah sulit diindex oleh google dan terkadang server down. Kalau nanti agan telah tahu prosesnya dan berniat serius nyoba jualan sebaiknya diupgrade ke layanan berbayar. Untuk keperluan latihan sekarang kita abaikan kelemahan-kelemahan tersebut dan pilih yang paket gratisan aja dulu.

Ada banyak penyedian domain dan hosting gratisan, salah satunya idhostinger.
-----------------------
Untuk mendapatkan domain dan hosting gratisan sekarang, klik di sini.
atau hanya domain saja klik di sini
-----------------------
Buat akun di sana atau lakukan order dan pilih paket yang GRATIS. Buat akun di sana hingga selesai dengan mengaktivasi link yang dikirimkan ke email pendaftaran Agan.

2. Download Skrip
Download skrip katalog toko online di sini
------------------
Klik di sini
-----------------

3. Buat Akun Domain dan Hosting
Langkah 1 telah dilakukan? Sekarang saatnya buat domain dan juga hostingnya.

Masuk ke http://cpanel.idhostinger.com. Masukkan email pendaftaran agan dan juga passwordnya.



Pilih Kontrol Panel dan pilih Buat Akun Baru.



Pilih Order di paket yang Gratis



Isikan nama subdomain untuk situs Agan dan juga passwordnya. Ingat-ingat nama password dan juga hal penting lainnya. Sebaiknya Agan juga pindahkan ke catatan di notepad. Jaga-jaga kalau lupa. :D



Klik Buat dan tunggu hingga prosesnya selesai.





Membuat domain dan hosting selesai.

4. Upload Skrip ke Hosting
Sudah melakukan langkah no 2 download skrip? Sekarang saatnya untuk mengupload skrip ke hosting. Untuk keperluan upload ini kita memerlukan aplikasi upload manager. Kita akan gunakan Filezilla. Silakan download setupnya di klik di sini. Kemudian lakukan instalasi. Aplikasi ini gratis. Agan tidak akan diminta mengisikan serial no dan crack atau semacamnya. Tinggal Next > Next > Next dan selesai.

Sebelumnya, Agan buka dulu email yang digunakan sewaktu mendaftar. Agan dikirimi email berupa info akun situs yang barusaja dibuat.



Buka aplikasi FileZilla. Klik menu Site manager > Pilih New Site dan isikan datanya sesuai yang dikirimkan via email.



Lakukan unzip terhadap file yang Agan download di langkah 2. Ada 2 file hasil ekstrak. Yang perlu Agan download adalah hanya yang olshop.zip



Drag file olshop.zip ke folder /public_html. Ingat folder /public_html. Di sana sudah ada file default.php, file ini tidak diperlukan. Delete saja.



BAGIAN 2 KONFIGURASI FILE DAN DATABASE
Sembari menyiapkan Bagian 2. Bagi yang berminat, silakan lakukan dulu bagian 1 di atas.

0 komentar:

Posting Komentar