Sabtu, 14 September 2013

Tutorial membuat situs katalog produk untuk toko online step2

Sebelum dilanjutkan, ini alternatif link download skrip bila link di atas di langkah 2 download skrip tidak bisa (bandwith limit)
------------
Download alternatif skrip
------------

dan cuma mengingatkan

-----------------------
Untuk mendapatkan domain dan hosting gratisan sekarang, klik di sini.
atau hanya domain saja klik di sini
-----------------------


BAGIAN 2 KONFIGURASI SITUS

Bagian ini agak sedikit teknis. Agan akan berkotor-kotor ria dengan sedikit koding. Namun jangan khawatir, Agan tidak akan tenggelam dalam kode yang rumit. Dengan sedikit konsentrasi dan fokus, Agan dijamin bisa melewati bagian berat ini. :P

[1] Buat Database
Masuk ke Control Panel. Pilih situs yang Agan dan klik Switch.



Klik Database Mysql
Beri nama database, username dan passwordnya. Klik Buat







Database telah dibuat. Kita akan sangat memerlukan informasi ini. Pindahkan dengan cara copy paste ke Notepad. termasuk juga password yang barusan agan masukkan.



Kemudian pilih Masuk phpMyAdmin



Import database
Pilih Import. Telusuri file olshop.sql (hasil download yang telah diekstrak jadi 2 file itu). Klik Open kemudian klik tombol Go. Tunggu prosesnya beberapa saat hingga ada tulisan import sukses



[2]Ekstrak File Skrip
Kembali ke home control panel > di bagian Files > ada 3 file manager. Agan pilih satu file manager yang tampilannya seperti gambar di bawah ini. Ketika tutorial ini dibuat tampilan file manager seperti di bawah adalah miliknya file manager 3. Tapi kadang-kadang berubah. Agan cobain satu-satu dan cocokkan tampilannya seperti file manager yang di bawah.



Masuk ke folder public_html
Klik file olshop.zip (yang sudah diupload di bagian 1) > pilih Unzip
Biarkan pilihan hasil ekstrak di public_html. Kemudian klik tanda ceklis.
Biarkan proses ektraks hingga selesai.







[3]. Konfigurasi file Database
Buat database sudah, kemudian import data tabel ke database sudah, ektrak file skrip olshop sudah. sekarang saatnya kita hubungkan file skrip olshop dengan data di database.

Ada 2 (dua) file yang harus diedit agar database dengan file terhubung. Nama filenya config.php. Satu file ada di public_html dan satu lagi di di folder d32ulk1ff77.

Sebelumnya cari tahu dulu lokasi home root situs agan dengan masuk ke home di cpanel. Lihat bagian yang ditandai garis bawah warna pink. Ambil info itu dengan cara copy dan paste-kan di notepad, biar gampang kita ambil kalau diperlukan.



Buka kembali File Manager > Edit file config.php yang ada di public_html


  • Ganti semua http ://localhost/olshop dengan alamat situs agan. Lengkap dengan http://
  • Ganti semua c xampp htdocs olshop dengan alamat home root situs agan (yang alamatnya ada pada gambar sebelum ini) ditambah /public_html. Pada contoh ini adalah /home/u543401236/public_html/
  • ganti juga informasi databasenya. Sesuaikan dengan yang nama database dan username serta password yang telah agan buat sebelumnya.
  • Klik Save.





Lakukan hal yang sama persis untuk file config.php yang ada di folder d32ulk1f77





Selesai. Sekarang tuliskan alamat situs Agan di browser dan voila. Situs Agan sudah jadi. :)



BAGIAN 03 KUSTOMISASI SITUS
Sampai bagian 2, bila telah diselesaikan, situs telah berfungsi. Untuk selanjutnya cara upload produk, mengganti facebook fan page dengan fanpage toko agan, mengaktifkan ym, mengganti banner, mengganti alamat email dan alamat toko, serta lainnya akan dibahas di bagian 03.

0 komentar:

Posting Komentar